Skripsi Komputer - Perangkat Lunak Pencarian Solusi Permasalahan Teko Air

Juli 16, 2019
Judul :

PERANGKAT LUNAK PENCARIAN SOLUSI
PERMASALAHAN TEKO AIR
Review :


I.1.       Latar Belakang
Permasalahan teko air merupakan suatu permasalahan klasik dalam bidang ilmu Artificial Intelligence (AI). Permasalahan ini sanggup diilustrasikan menyerupai berikut, terdapat 2 buah teko air masing – masing berukuran x dan y liter. Sasarannya ialah untuk mendapat air sebanyak n liter, dengan memakai proteksi kedua teko air tersebut dan mengambil perkiraan bahwa sumber air tidak terbatas. Aksi – agresi yang sanggup dilakukan, antara lain mengisi teko air, mengosongkan teko air dan menuangkan isi teko air ke teko air lain.
Permasalahan ini sanggup diselesaikan dengan menerapkan konsep AI. Banyak metode AI yang sanggup diterapkan untuk menuntaskan permasalahan tersebut. Salah satunya ialah dengan memakai proteksi pohon pelacakan. Kondisi-kondisi (state-state) yang mungkin digambarkan dalam suatu pohon biner dimulai dari mendeklarasikan kondisi awal (start state) sebagai akar dari pohon biner. Proses dilanjutkan dengan menggambarkan kondisi (state) berikutnya dari state tersebut sampai didapatkan kondisi yang diinginkan (goal state).
Berdasarkan uraian di atas, penulis ingin merancang suatu perangkat lunak yang bisa untuk melaksanakan simulasi terhadap permasalahan teko air. Oleh sebab itu, penulis mengambil kiprah final (skripsi) dengan judul “Perangkat Lunak Pencarian Solusi Permasalahan Teko Air”.

I.2.       Identifikasi Masalah
            Berdasarkan latar belakang pemilihan judul, maka yang menjadi permasalahan ialah bagaimana mencari solusi untuk menuntaskan permasalahan teko air.

I.3.       Tujuan dan Manfaat
            Tujuan dari penulisan kiprah final ini ialah untuk merancang suatu perangkat lunak yang bisa untuk menuntaskan permasalahan teko air.
Adapun manfaat dari penulisan kiprah final ini, yaitu :
1.      Membantu pemahaman permasalahan teko air.
2.      Mencari solusi untuk menuntaskan permasalahan teko air.
3.      Perangkat lunak sanggup dipakai sebagai kemudahan pendukung dalam proses berguru mengajar.

I.4.       Batasan Masalah
Adapun pembatasan dilema dalam perancangan perangkat lunak ini antara lain :
  1. Ukuran dari teko air dibatasi maksimal 99 liter dan minimal 1 liter.
  2. Ukuran dari kedua teko air dihentikan sama.
  3. Volume air yang akan dihasilkan harus berada di antara 1 liter dan ukuran dari teko air besar.
  4. Input dari perangkat lunak berupa numerik bilangan lingkaran positif.
  5. Perangkat lunak mengambil perkiraan bahwa sumber air tidak terbatas.
  6. Perangkat lunak akan menampilkan langkah – langkah penyelesaian permasalahan teko air.
  7. Perangkat lunak akan menampilkan semua solusi yang sanggup menuntaskan permasalahan teko air tersebut.
  8. Jika tidak terdapat solusi, maka perangkat lunak akan menampilkan pesan kesalahan.
  9. Perangkat lunak juga menyediakan interface yang memungkinkan pengguna (user) untuk menuntaskan permasalahan teko air secara manual.

I.5        Sistematika Penulisan
            Agar pembahasan lebih sistematika, maka goresan pena ini dibentuk dalam lima bab, yaitu :
            Bab I               Pendahuluan
Berisi latar belakang, identifikasi masalah, tujuan dan manfaat, batasan dilema dan sistematika penulisan.

            Bab II              Landasan Teori
Berisi wacana pengertian AI, macam-macam representasi dalam AI, denah representasi, pencarian heuristik (heuristic search), problem state and space, deskripsi permasalahan teko air,  contoh pencarian solusi permasalahan teko air, dan teori-teori dasar mengenai model dan simulasi.
            Bab III                        Pembahasan dan Perancangan
Berisi wacana pembahasan mengenai proses pencarian solusi dari permasalahan teko air dan perancangan tampilan form dari perangkat lunak.
            Bab IV                        Algoritma dan Implementasi
Berisi wacana algoritma dan implementasi dari perangkat lunak.
            Bab V              Kesimpulan dan Saran
Berisi wacana kesimpulan yang sanggup ditarik sesudah menuntaskan kiprah final ini dan saran-saran yang sanggup diberikan untuk pengembangan perangkat lunak lebih lanjut.




Downloads:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »