Skripsi Komputer - Perangkat Lunak Pembelajaran Penerapan Modus Pengalamatan Dan Operasi Aritmatika Pada Mikroprosesor Kepetangan 8088/8086

Juli 16, 2019
Judul :

PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN PENERAPAN

MODUS PENGALAMATAN DAN OPERASI ARITMATIKA PADA MIKROPROSESOR INTEL 8088/8086

Review :


A. Latar Belakang Pemilihan Judul

Prosesor Intel 8088/8086 merupakan mikroprosesor yang menjadi mesin bagi mikrokomputer-mikrokomputer IBM PC/XT dan kompatibelnya. Prosesor ini sering disebut dengan singkat sebagai “8088” atau “8086” saja. Walaupun perangkat keras 8088 sedikit berbeda dengan 8086, tetapi keduanya sanggup dipandang sama dari sisi pemrograman. Intel 8088/8086 yaitu prosesor 16 bit, artinya lintasan data dan register-nya berukuran 16 bit.
Kebanyakan arahan dalam jadwal bahasa Assembly membutuhkan operan, yaitu data yang akan diolah. Cara memilih atau memperoleh harga operan ini disebut sebagai modus pengalamatan (addressing mode). Modus pengalamatan terbagi atas beberapa macam antara lain, pengalamatan register, pengalamatan segera, pengalamatan eksklusif dan pengalamatan tak langsung. Selain itu, dalam mempelajari bahasa Assembly, kita harus menghafalkan semua register dan mengerti kegunaannya masing – masing. Register yaitu sebagian kecil memori komputer yang digunakan untuk daerah penampungan data dengan ketentuan bahwa data yang terdapat dalam register sanggup diproses dalam banyak sekali operasi dengan melihat berapa besar kemampuan menampung register tersebut. Register sanggup dibagi dalam lima golongan yaitu general purpose register (AX, BX, CX dan DX), segment register (CS, DS, SS dan ES), pointer register (IP, SP dan BP), index register (SI dan DI) dan flag register.
Penulis tertarik untuk mempelajari perihal modus pengalamatan dan operasi aritmatika pada bahasa Assembly dan mengamati perubahan isi register yang terjadi. Oleh sebab itu, penulis mengambil kiprah tamat (skripsi) dengan judul “Perangkat Lunak Pembelajaran Penerapan Modus Pengalamatan dan Operasi Aritmatika pada Mikroprosesor Intel 8088/8086”.

B. Perumusan Masalah

            Berdasarkan latar belakang pemilihan judul, maka yang menjadi permasalahan adalah,
  1. Bagaimana merancang user interface dari perangkat lunak pembelajaran.
  2. Bagaimana mengecek kebenaran (validasi) dari barisan Assembly code yang di-input.
  3. Bagaimana menjelaskan proses penerapan modus pengalamatan dan operasi aritmatika pada mikroprosesor Intel 8088/8086 dan perubahan isi register yang terjadi.




C. Tujuan dan Manfaat
            Tujuan penyusunan kiprah tamat (skripsi) ini yaitu untuk merancang suatu perangkat lunak pembelajaran penerapan modus pengalamatan dan operasi aritmatika pada mikroprosesor Intel 8088/8086.
            Manfaat dari penyusunan kiprah tamat (skripsi) ini, yaitu perangkat lunak hasil rancangan sanggup digunakan untuk membantu pembelajaran Mikroprosesor dan sekaligus menjadi perangkat pendukung dalam proses mencar ilmu mengajar.

D. Pembatasan Masalah
Karena keterbatasan waktu dan pengetahuan penulis, maka ruang lingkup permasalahan dalam merancang perangkat lunak ini antara lain :
  1. Input dari perangkat lunak berupa kumpulan barisan Assembly code.
  2. Perangkat lunak akan mengatakan proses perubahan isi register untuk barisan Assembly code secara baris demi baris.
  3. Jumlah barisan Assembly code dibatasi maksimal 50 baris.
  4. Instruksi aritmatika yang didukung meliputi operasi penjumlahan (ADD dan ADC), pengurangan (SUB dan SBB), perkalian (MUL), pembagian (DIV), increment (INC) dan decrement (DEC). Sedangkan arahan pengalamatan yang didukung berupa arahan MOV.
  5. Modus pengalamatan yang didukung meliputi modus pengalamatan register dan pengalamatan segera.

E. Metodologi Penyelesaian
            Langkah – langkah pembuatan perangkat lunak ini antara lain :
  1. Membaca dan mempelajari buku – buku Mikroprosesor dan Bahasa Rakitan.
  2. Mempelajari cara kerja dari mikroprosesor Intel 8088/8086.
  3. Mempelajari cara atau proses kerja dari modus pengalamatan dan operasi aritmatika pada mikroprosesor Intel 8088/8086 dan mengamati perubahan isi register yang terjadi.
  4. Mempelajari teknik – teknik dasar pemrograman dengan memakai Visual Basic 6.0.
  5. Merancang interface untuk perangkat lunak pembelajaran.
  6. Merancang perangkat lunak pembelajaran penerapan modus pengalamatan dan operasi aritmatika pada mikroprosesor Intel 8088/8086 dengan memakai bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0.
  7. Melakukan pengujian dan pengetesan terhadap perangkat lunak hasil rancangan.
 

Downloads:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »